• tulip
  • BBNNN
  • welcome

Selamat Datang di Website MAN 2 BUKITTINGGI. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MAN 2 BUKITTINGGI

NPSN : 20210743

Jl.Panorama Baru Telp.0752-21047 Kota Bukittinggi


manegeri2bkt@gmail.com

TLP : 0752-21047


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 225876
Pengunjung : 84420
Hari ini : 82
Hits hari ini : 382
Member Online : 0
IP : 34.236.134.129
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

MAN 2 Bukittinggi Gelar Ujian Keterampilan Keagamaan




Bukittinggi, Humas. MAN 2 Bukittinggi melalui berbagai program yang ada berusaha menjawab semua tantangan terhadap lulusannya yang diharapkan bisa berkiprah di tengah masyarakat.

Selain diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang keilmuan umum, siswa MAN 2 Bukittinggi juga diharapkan kompeten dalam bidang keagamaan. Tuntutan akan lulusan yang terampil dalam bidang keagamaan tidak hanya secara teoritis, namun juga dapat diterapkan dalam kehidupan di tengah masyarakat.

Setiap tahunnya sebelum melaksanakan asesmen madrasah siswa melewati uji kompetensi bidang keagamaan dengan 3 cabang yaitu Tahfidz, Khutbah bagi siswa laki- laki dan pidato keagamaan bagi siswa perempuan serta penyelenggaraan jenazah.

Rabu (1/3/23), Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri.J, membuka secara resmi ujian keterampilan keagamaan untuk siswa kelas XII bertempat di lapangan madrasah. Pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru PAI.

Pada tahun ajaran 2022- 2023 ini ketua pelaksana uji keterampilan keagamaan diamanahkan kepada ustad Syafrizal yang juga merupakan salah satu guru tahfidz di lingkungan MAN 2 Bukittinggi.

Ketua pelaksana, Ustadz Syafrizal menyampaikan kepada seluruh siswa XII agar serius mengikuti ujian ini sehingga dapat dinyatakan lulus pada 3 bidang tersebut. Ustad ini juga menyampaikan agar para siswa menyiapkan diri secara maksimal walaupun ada kesempatan remedial.

Waka kurikulum, Deswita menghimbau semua siswa setelah mendengarkan pengarahan agar masuk ke kelas yang telah ditentukan penguji. “Walaupun ada waktu remedial disediakan namun tidak lama, artinya jadwal ujian ini sudah ditentukan, ananda semua remedial sesuai masa ujian ini saja. Tapi diharapkan tidak ada yang remedial karena sudah jauh hari telah disampaikan mengenai ujian keterampilan keagamaan ini dan telah ada bimbingan sebelumnya. Jaga kesehatan agar ujian berjalan lancar sehingga setelah ujian keterampilan ananda akan melanjutkan kepada Asesmen Madrasah. Lulusan madrasah tidak hanya mengusai ilmu pengetahuan umum tetapi juga mengusai ilmu agama serta mampu mengimplementasikan dalam keseharian yang tercermin dalam akhlak yang baik dan mengamalkannya.’’ Pesan waka kurikulum ini.

Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri. J dalam sambutannya saat membuka kegiatan ujian keterampilan keagamaan TA 2022- 2023 ini memberikan motivasinya kepada seluruh siswa kelas XII.

‘’Albert Einstein, menyatakan Ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh dan Ilmu tanpa adab seperti api tanpa kayu bakar, dan adab tanpa ilmu seperti jasad tanpa ruh. Artinya setinggi apapun ilmu yang kita miliki jika tidak memahami agama maka kehancuran yang akan terjadi. Betapa banyak ilmuwan hebat menghadirkan temuannya namun apabila tidak ada ilmu agama dan adab maka teknologi yang diciptakan akan merusak muka bumi,” paparnya.

Selanjutnya kata Amri.J. “MAN 2 Bukittinggi sebagai madrasah tujuan masyarakat harus mampu menghadirkan lulusan yang berkualitas dan berkiprah di masyarakat nantinya. Selama 3 tahun ananda sudah digembleng dengan ilmu umum dan agama, sehingga inilah waktunya diuji kompetensi ananda. Semoga melalui ujian ini MAN 2 Bukittinggi dapat menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan ilmu agamanya di kehidupan sehari- ahri. Misal ada yang meninggal di kampung kita, maka siswa MAN 2 Bukittinggi harus mengambil peran dalam penyelenggaraan jenazah. Begitu juga saat pelaksanaan shalat Jumat, siswa MAN 2 Bukittinggi harus tampil menjadi pengkhutbah. Bagi siswa perempuan terampil pidato keagamaan baik di mesjid terdekat maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Saat keluarga kita ada yang meninggal idealnya si anaklah sebagai penyelenggara, maka MAN 2 Bukittinggi harus menghadirkan lulusan yang dapat dipakai di masyarakat. Kepada siswa kami kelas XII jaga nama baik madrasah dimanapun berada, bentengi diri kita dengan iman sehingga jauh dari perbuatan tercela’’. Pesan Kepala madrasah ini. (Yuli/Syafrial)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas