• tulip
  • BBNNN
  • welcome

Selamat Datang di Website MAN 2 BUKITTINGGI. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MAN 2 BUKITTINGGI

NPSN : 20210743

Jl.Panorama Baru Telp.0752-21047 Kota Bukittinggi


manegeri2bkt@gmail.com

TLP : 0752-21047


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 237096
Pengunjung : 88464
Hari ini : 6
Hits hari ini : 15
Member Online : 0
IP : 3.233.242.67
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Tingkatkan Mutu, MAN 2 Gelar Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2023




Tingkatkan Mutu, MAN 2 Gelar Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2023

Bukittinggi, Humas–Dalam rangka meningkatkan mutu, MAN 2 Bukittinggi mengelar kegiatan Asesmen Madrasah tahun 2023 sesuai surat keputusan Dirjen Pendis Kemenag RI. MAN 2 Bukittinggi menggelar kegiatan tersebut selama 7 hari, mulai dari Kamis (9/3/23) hingga Kamis (16/3/23).

Untuk meningkatkan mutu pendidikan asesmen harus dilakukan agar diketahui tingkat ketercapaian seluruh pembelajaran yang telah didapatkan siswa. Asesmen madrasah sebelum dilaksanakan MAN 2 Bukittinggi melakukan berbagai persiapan seperti pelatihan untuk guru dalam pembuatan soal asesmen madrasah yang berkarakter HOTs (Higher Order Thinkin Skill) hingga pendataan serta memeriksa persiapan siswa dalam menghadapi asesmen tersebut. Hal seperti yang di utarakan, Wakil kurikulum MAN 2 Bukittinggi, Deswita, Kamis (09/03).

Selanjutnya tutur Deswita dari hari pertama hingga sekarang pelaksanaan Asesmen Madrasah tahun 2023 di MAN 2 Bukittinggi berjalan tertib dan lancar. Sampai sesi 2 terpantau semua siswa hadir begitu juga pengawas ruangan.

“Pelaksanaan AM 2023 ini dilaksanakan secara online di MAN 2 Bukittinggi dengan persiapan semua siswa sudah dibuatkan akun untuk ujian, apabila ada siswa yang tidak mempunyai gadget maka madrasah menyiapkan labor komputer. Proktor yang membantu pelaksanaan teknis asesmen juga tidak ada melaporkan kendala jaringan sampai sesi 2 asesmen selesai,” tuturnya.

Deswita menjelaskan bahwa soal- soal yang akan duji pada asesmen juga diverifikasi oleh tim editing untuk melihat soal yang memenuhi standar Asesmen Madrasah 2023 seperti minimal C4, memiliki stimulus yang membantu siswa dalam berpikir kreatif, juga bentuk soal harus bervariasi seperti pilihan ganda, pilihan ganda komplek, benar salah, dan menjodohkan.

“Tahun ini siswa yang mengikuti AM berjumlah 288 yang terdiri dari 4 kelas jurusan IPA, 3 kelas jurusan IPS dan 2 kelas dari IPK. Semoga tahun ini hasil asesmen madrasah di MAN 2 Bukittinggi memuaskan, karena dengan penyerahan otonomi membuat soal kepada guru di madrasah masing- masing tentunya guru dapat menentukan standar soal yang cocok untuk siswanya,” ungkap Deswita.

Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri.J memotivasi para siswa agar serius menghadapi asesmen ini sehingga soal- soal dapat dijawab dengan benar.

Pada sesi wawancaranya Amri.J menyampaikan terimakasihbanyak kepada panitia Asesmen Madrasah yang telah menyiapkan pelaksanaan asemen untuk siswa kelas XII.

‘’Dari pantauan ujian berjalan aman dan siswa juga tidak ada mengeluhkan jaringan. Kita berharap AM 2023 berjalan tertib hingga hari terakhir, apalagi dengan ujian online ini guru mata pelajaran cepat mendapatkan hasil asesmen mata pelajaran. Kita meyakini siswa tidak kesulitan dalam menjawab soal- soal asesmen karena sebelumnya guru telah menyiapkan kisi- kisi dengan komposisi 20 % materi kelas X, 30% materi kelas XI dan 50% materi kelas XII,” ungkapnya.

Amri, J menyampaikan bahwa tujuan diadakannya asesmen madrasah untuk mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran siswa dalam satuan pendidikan, selain itu kita dapat mengetahui gambaran karakter madrasah sehingga kedepannya MAN 2 Bukittinggi dapat membuat program yang dapat meningkatkan prestasi siswa. (Yuli/Syafrial)




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas